5 Fakta Menarik yang Sebaiknya Kamu Tahu

Dunia ini banyak dipenuhi hal hal luar biasa yang terjadi setiap harinya.
5 Fakta Menarik yang Sebaiknya Kamu Tahu
5

Banyak fakta-fakta dalam dunia yang sangat menarik dan tentunya dapat menambah pengetahuanmu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fakta menarik yang sebaiknya kamu tahu yang sangat menarik dan seru abis!

1. Mesin penjual otomatis membunuh 4 kali lebih banyak orang daripada hiu per tahun.

5 Fakta Menarik yang Sebaiknya Kamu Tahu
Vending Machine

mesin penjual otomatis bertanggung jawab atas rata-rata 13 kematian dalam setahun.

Itu lebih banyak dari dua setengah kali dari jumlah Jaw meskipun saya tidak akan berpikir film tentang pembunuh yang berhubungan dengan mesin penjual otomatis akan sangat menarik.


disaat hiu menjadi berita utama jika mereka menyerang seseorang, ubur-ubur membunuh delapan kali lebih banyak orang setiap tahun. 

Meskipun terlihat tidak berbahaya, ubur-ubur bisa sangat beracun, dan juga sering sulit sekali dilihat dan dihindari.  
Selain menyebabkan 40 kematian dalam setahun, ubur-ubur juga menyebabkan cedera yang jauh lebih besar daripada hiu. 

2. Manusia membuang 40 pon kulit seumur hidup mereka, dan mengganti kulit luar mereka setiap bulan saat mandi.

5 Fakta Menarik yang Sebaiknya Kamu Tahu
Kulit

 Pelindung, tahan air, dan sangat bermanfaat. 
Kulit juga secara konstan mengubah dan meregenerasi dirinya sendiri. Konon, apa yang terjadi pada sel kulit mati? kapan, ke mana mereka pergi dan berapa banyak Anda kehilangan sel kulit mati setiap hari.

Kulit Anda terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan yang biasa Anda lihat disebut epidermis. Lapisan init erdiri dari sel-sel yang terbuat dari keratin, zat keras yang juga membentuk rambut dan kuku Anda.  

Pada spesies lain, keratin membentuk kuku, cakar, tanduk, dan bahkan cangkang kura-kura dan duri landak. Sel-sel individu disebut keratinosit [sumber: National Geographic].

Keratinosit baru tumbuh pada bagian bawah epidermis, yang berikatan dengan lapisan berikutnya, dermis. 
Sel-sel kulit baru secara bertahap mendorong jalan mereka ke lapisan atas.  
Ketika mereka mencapai puncak, mereka mati dan "dilapukkan" oleh lingkungan dan aktivitas sehari-hari Anda. 
Lapisan "mati" atas disebut stratum corneum.  

Akhirnya, sel-sel mati melepaskan diri dari epidermis dan jatuh, membuat ruang untuk sel-sel baru tumbuh dibawahnya. 
Diperlukan kira-kira satu bulan bagi sel-sel baru untuk sampai ke lapisan teratas, yang berarti kulit yang Anda miliki sebulan dari saat pembuangan kulit mati akan benar-benar baru dibandingkan dengan kulit yang Anda miliki sekarang.

3. Lebih dari 2.500 orang kidal terbunuh setiap tahun karena menggunakan peralatan yang diperuntukkan bagi orang-orang normal.

5 Fakta Menarik yang Sebaiknya Kamu Tahu
Menulis Kidal

 Orang kidal cenderung hidup lebih pendek daripada orang normal, mungkin karena mereka menghadapi lebih banyak bahaya di dunia yang didominasi oleh orang normal, menurut penelitian baru.

Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa orang kidal tampaknya tidak hidup selama orang yang normal.

Dalam sebuah surat dalam terbitan The New England Journal of Medicine, para peneliti yang mempelajari kematian 1.000 orang California Selatan melaporkan bahwa orang yang menggunakan tangan kanan, rata-rata, hidup sampai 75 tahun. Orang kidal biasanya meninggal pada usia 66 tahun.

Tren itu terlihat pada pria dan wanita. Wanita normal cenderung hidup lima tahun lebih lama dari wanita kidal. Pria normal hidup 10 tahun lebih lama daripada pria kidal, menurut laporan itu.

Para peneliti, Dr. Diane F. Halpern dari California State University di San Bernardino dan Dr. Stanley Coren dari University of British Columbia, mengatakan perbedaannya sangat mencolok.


4. Manusia dewasa rata-rata memiliki dua hingga sembilan pon bakteri di dalam tubuhnya.

Manusia dewasa rata-rata memiliki dua hingga sembilan pon bakteri di dalam tubuhnya.
Bakteri

Tubuh manusia mungkin mengandung sekitar 10 kali lebih sedikit bakteri daripada yang diperkirakan sebelumnya, dengan rata-rata orang terdiri dari jumlah sel tubuh dan mikroba yang kurang lebih sama. 
Informasi ini bertentangan dengan asumsi lama bahwa setiap orang yang hidup terdiri dari sekitar 10 kali lebih banyak bakteri daripada sel manusia, ini bisa dianggap sebagai mitos.

Karena tidak terlihat oleh mata telanjang, tubuh manusia sebenarnya dihuni oleh sejumlah besar bentuk kehidupan mikroskopis, secara kolektif dikenal sebagai mikrobiota manusia. 


Ini termasuk jamur dan mikroorganisme lain seperti archaea selain bakteri, meskipun yang terakhir sangat banyak sehingga selama bertahun-tahun dianggap tidak akurat untuk menganggap kita masing-masing sebagai bakteri lebih daripada manusia. 
Namun, sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal bioRxiv menunjukkan bahwa kita mungkin telah meremehkan kemanusiaan kita sendiri selama beberapa dekade terakhir.

Studi ini bertujuan untuk meninjau kembali penelitian sebelumnya yang dilakukan pada tahun 1970-an yang menemukan bahwa jumlah bakteri dalam tubuh manusia mungkin sebesar 1.014, atau 100 triliun. 

Ini dihitung dengan mengukur jumlah bakteri dalam satu gram tinja manusia sebagai 1011 (100 miliar), dan mengalikannya dengan 1.000, berdasarkan bahwa mikroba ini tersebar merata di sekitar saluran pencernaan, atau pencernaan, yang memiliki volume satu liter.

Sebaliknya, rata-rata tubuh manusia diperkirakan mengandung sekitar 1013, atau 10 triliun sel, yang sebagian besar adalah sel darah merah. 

Oleh karena itu, gagasan bahwa setiap orang adalah bakteri 10 kali lebih banyak daripada manusia dilahirkan.

Namun, penulis studi baru ini menantang temuan sebelumnya, mengklaim bahwa mikroba tidak tersebar merata melalui saluran pencernaan, tetapi sebagian besar terkonsentrasi di usus besar. Dengan demikian, mereka menghitung bahwa setiap buang air besar sebenarnya mengandung sekitar sepertiga dari mikrobiota manusia.

Berdasarkan informasi ini, para peneliti memperkirakan bahwa orang yang berusia 20-30, tinggi 1,7 meter (5 kaki 6 inci), dan berat 70 kilogram (155 pon) - kemungkinan mengandung sekitar 3,9 x 1013 mikroba di tubuhnya. 

Pada saat yang sama, mereka menghitung bahwa individu yang sama harus memiliki sekitar 3,0 x 1013 sel tubuh, menghasilkan rasio 1,3: 1.

Sementara itu diakui bahwa rasio ini cenderung sangat bervariasi antara individu karena perbedaan massa tubuh dan biologi usus, mereka percaya temuan mereka membantah mitos bahwa manusia mengandung bakteri 10 kali lebih banyak daripada sel-sel tubuh.

Lebih jauh lagi, mereka mengklaim bahwa setiap kali orang yang buang air besar, keseimbangan komposisi anatomisnya dapat berujung sehingga ia benar-benar memiliki lebih banyak sel tubuh daripada bakteri, karena ia kehilangan sekitar sepertiga bakteri. 

Dengan kata lain, pergi ke kamar mandi sebenarnya membuat kita lebih manusiawi! :D
 

Para peneliti bersikeras bahwa pengurangan jumlah bakteri yang diperkirakan dalam tubuh manusia ini tidak mengurangi anggapan pentingnya mikrobiota kita, dan bahwa walaupun penelitian mereka memberikan informasi anatomi yang menarik, kecil kemungkinannya memiliki implikasi biologis yang besar.


5. Para admin Facebook awalnya ingin menyebut tombol "Suka" sebagai tombol "Luar Biasa".

 
5 Fakta Menarik yang Sebaiknya Kamu Tahu
Like button

Itu hanya sebuah ikon kecil yang bisa diklik. Tetapi tombol "Suka" Facebook, dengan simbol "jempol" yang ada di mana-mana, telah menghasilkan miliaran dolar bagi perusahaan. Kisah penciptaan tombol dapat ditelusuri ke grup inti veteran Facebook.

Direktur Teknik Facebook Andrew Bosworth memposting versinya tentang sejarah tombol "suka" facebook di Quora.com pada tahun 2010 lalu. 

Bosworth menulis bahwa ia dan sekelompok kecil rekan kerja mengerjakan proyek, diberi nama sandi "Props." 
Mereka berdebat ide-ide lain termasuk plus / minus tanda dan peringkat bintang. Menurut posting Bosworth, tombol Like pada awalnya akan disebut tombol "Awesome". 
Rupanya, Mark Zuckerberg tidak setuju dengan gagasan itu.

Gagasan untuk tombol Suka dimulai pada 2007, menurut Bosworth. 

Ada beberapa perdebatan selama bertahun-tahun tentang apakah Facebook menyalin nama "Suka" dari situs saingannya FriendFeed. 
Menurut Bosworth, Facebook sedang mengerjakan konsepnya berbulan-bulan sebelum Friendfeed mengeluarkan fitur "Suka" sendiri. Facebook melepaskan tombol Suka pada Februari 2009.

Apa pun waktunya, keberhasilan tombol tidak dapat dilebih-lebihkan. Rapper Eminem adalah orang yang paling "disukai" di Facebook. 

Pada waktu pers, penduduk asli Detroit itu memiliki lebih dari 52,5 juta "suka". Lainnya termasuk Lady Gaga (47,5 juta), Rihanna (50,8 juta), dan Katy Perry (39 juta).

Tombol itu sendiri diklik jutaan kali setiap jam. Facebook tidak secara terbuka merilis statistik tentang seberapa populer tombol itu, tetapi kembali pada tahun 2010 (yang, kami akui, adalah eon dalam tahun Web), 7,6 juta halaman "disukai" setiap 20 menit, menurut blog independen

Business and Facebook.

Menurut pengajuan S1 IPO Facebook dengan Komisi Sekuritas dan Bursa, pengguna situs "menghasilkan rata-rata 2,7 miliar Suka dan Komentar per hari selama tiga bulan yang berakhir pada 31 Desember 2011 lalu." Namun angka tersebut terlewati, dan jumlah itu menjadi 112.500.000 Suka dan Komentar setiap jam atau sekitar 1.875.000 setiap menit atau, untuk menjabarkannya lebih jauh, sekitar 31.250 Suka dan Komentar setiap detik.


 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Fakta Menarik yang Sebaiknya Kamu Tahu"

Post a Comment