5 Gunung Berapi Paling Aktif yang ada di Indonesia Selain Anak Krakatau



5 Gunung Berapi Paling Aktif yang ada di Indonesia Selain Anak Krakatau
Gunung Berapi
Menurut Wikipedia, Gunung berapi atau gunung api secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus.

Suatu gunung berapi merupakan bentukan alam dari pecahan yang terjadi di kerak dari benda langit bermassa planet, seperti Bumi. Patahan tersebut mengakibatkan lava panas, abu vulkanik dan gas bisa keluar dari dapur magma yang terdapat di bawah permukaan bumi.

Gunung berapi terdapat di seluruh dunia, tetapi lokasi gunung berapi yang paling dikenali adalah gunung berapi yang berada di sepanjang busur Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire).
Busur Cincin Api Pasifik merupakan garis bergeseknya antara dua lempengan tektonik.

Indonesia sendiri adalah negara dengan gunung api paling banyak didunia.
Sebut Saja Anak Krakatau yang baru-baru ini kembali mengeluarkan abu vulkanik.
selain anak Krakatau, ini daftar 5 gunung api Paling aktif yang ada di Indonesia:

1. Gunung Merapi

Gunung Merapi
Gunung Merapi

Gunung Berapi yang memiliki ketinggian sekitar 2968 MDPI ini Terletak di perbatasan yang berada diantara Propinsi Jawa Tengah dan D.I Yogjyakarta. Gunung Merapi adalah Gunung yang telah aktif semenjak 10.000 tahun yang lalu dan selalu dipantau pergerakannya hingga detik ini.

2.Gunung Sinabung

Gunung Sinabung
Gunung Sinabung

Gunung Sinabung terletak di Dataran Tinggi Karo, Sumatera Utara. Gunung setinggi 2.451 MDPL ini Pernah tertidur selama 400 tahun dan kembali aktif pada tahun 2010 dan mulai meletus pada tahun 2013 lalu.
Gunung Sinabung berstatus waspada sejak tanggal 2 juni 2015 dan masih mengeluarkan letusan sampai februari 2018 lalu.

3. Gunung Kelud

Gunung Kelud
Gunung Kelud

terletak di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Letusan dahsyat Gunung Kelud bahkan Tercantum dalam kitab Negarakretagama karangan Mpu Prapanca pada tahun 1334.

4. Gunung Soputan


Gunung Soputan
Gunung Soputan
Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara terakhir meletus pada tanggal 3 oktober 2018 kemarin dengan tinggi kolom abu vulkanik yang mencapai 4.000 meter mengarah ke barat-barat laut.
Gunung Soputan meletus pertama kali pada 1785. selain itu juga, Gunung Berapi ini pernah meletus pada tahun 1907, 1908, 1909, 1910, 1911, 1912, dan tahun 1913.

5. Gunung Bromo


Gunung Bromo
Gunung Bromo
Gunung ini memiliki Keindahan alam yang berupa lanskap lembah dan ngaraui dengan kaldera atau lautan pasir selebar 10kilometer persegi.
Sepanjang abad 20 sampai abad 21, Gunung Bromo telah meletus hingga 68 kali dan terakhir pada minggu ,10 januari 2016 lalu


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Gunung Berapi Paling Aktif yang ada di Indonesia Selain Anak Krakatau"

Post a Comment